Rabu, 09 Januari 2013

New Year - New Anointing - Fresh Start – JKI Injil Kerajaan Minggu, 31 Desember 2012

Minggu, 31 Desember 2012
New Year – New Anointing – Fresh Start
JKI Injil Kerajaan

Pembalikan Keadaan – Petrus Agung
Pergantian tahun 2006-2007 ada ibadah dan acara pasar malam di luar gereja. Hari itu sepanjang kebaktian tidak ada hadirat Tuhan, apapun yang dicoba lakukan. Tanpa hadirat Tuhan, batin kita akan kering, tanpa Tuhan kita kehilangan segala-galanya. Saat P Agung tanya kepada Tuhan tentang apa yang salah, Roh Kudus tidak jawab apapun, bahkan hingga saat ini.

Paginya p Agung coba doa bersama beberapa rekan di green room. Terasa berat. Dalam hati p Agung berkata bahwa jika ini awal uindurnya Roh Kudus, p Agung juga akan akhiri dengan ministry, dan diganti orang lain. Saat letih p Agung mendapat visi jutaan jiwa yang belum kenal Yesus, dan ada suara hati yang berkata: tuai, sebelum terlambat dan membusuk.

Hari itu Tuhan perintahkan dan beri mandat untuk membuat banyak hal. Dalam satu tahun muncul banyak tugas dan departemen baru: anak raja, sekolah Terang Bangsa, LBH Mawar Sharon, dapur umum, rumah singgah, pasar rakyat. Dari keadaan beku dan gelap, Tuhan balikkan keadaan dalam sekejap. Bahkan ribuan jiwa terima Tuhan Yesus.

Kunci pembalikan keadaan dalam sekejap:
  1. Hati yang menjerit pada Tuhan dalam keadaanyang gelap dan seolah tidak ada penyertaan Tuhan.
  2. Ada hati yang mengakui ketidak-berdayaan kita tanpa Tuhan

4 Perlindungan Tuhan – Viktor Purnomo

Karena perlindungan hikmat adalah seperti perlindungan uang. Dan beruntunglah yang mengetahui bahwa hikmat memelihara hidup pemilik-pemiliknya. (Pkh 7: 12)

Perlindungan =
tsêl
צל (H6738) = shade, bayangan yang menudungi kehidupan kita.

1. Perlindungan Hikmat.
Untuk mengalami perlindungan hikmat, kita perlu hikmat dari Tuhan. Sehingga kita terhindar dari berbagai hal yang salah, negatif, dan mencelakai kita.

Hikmat =
chokmâh
חכמה (H2451) = skillful, wisdom, wisely, wit : terampil, tajam, bijaksana. Ini yang akan Tuhan berikan sebagai perlindungan kepada kita, karena keadaan makin hari makin sukar.

P viktor mimpi lihat batu besar jatuh, dan ternyata adalah peluru kendali. P Viktor lalu lari ke dalam suatu ruangan, ada banyak orang di tempat perlindungan itu. Saat peluru kendali itu meledak dengan hebat, mereka yang di dalam gedung terlindung.
Artinya: tahun depan ada banyak hal yang tidak mudah dan menakutkan, tapi Tuhanlah tempat perlindungan kita.

2. Perlindungan uang.

Uang =
keseph
כּסף (H3701) = sesuatu yang dirindukan/ diinginkan.
Tahun depan ada perlindungan uang, tapi tergantung seberapa besar kita bisa mengendalikan keinginan kita akan uang. Saat kita kejar, uang akan hancurkan hidup kita. Tahun depan kita butuh banyak uang untuk mengerjakan hal-hal yang besar. Jika kita bisa kendalikan uang, maka uang itu akan menjadi sebuah perlindungan dalam kehidupan kita.

3. Kota-kota Perlindungan.
Bil 35: 10-12 – ada 6 kota perlindungan yang Allah persiapkan. Kota perlindungan adalah tempat bagi seorang yang membunuh tanpa sengaja, sehingga aman dan tidak dibunuh sebagai ganti.

Hal yang sama akan ada di Indonesia. Ada pengecualian di kota perlindungan Tuhan. Ada yang Tuhan buat beda dalam hidup kita:
  • yang lain tidak bisa, kita bisa
  • yang lain gagal, kita berhasil
  • yang lain kena masalah, kita tidak
Yang harus kita lakukan adalah lari ke kota itu dan jangan ke tempat lain.

  • Jika di Mesir kena tulah, ada pengecualian di Gosyen.
  • Saat banjir besar datang, keluarga Nuh alami pengecualian.

4. Perlindungan Awan.
Aku mau, supaya kamu mengetahui, saudara-saudara, bahwa nenek moyang kita semua berada di bawah perlindungan awan dan bahwa mereka semua telah melintasi laut (1 kor 10: 1)

Orang Israael pernah alami perlindungan awan selama 40 th. Membuat suasana yang panas di padang gurun menjadi nyaman. Tahun depan panas matahari, masalah, persoalan, tetap muncul. Tapi perlindungan awan ini yang membuat kita berbeda.

Tuhan beri perlindungan awan, bukan pohon atau rumah, supaya kita tetap berjalan dan tidak berhenti. Karena saat kita bergerak, tiang awan berjalan di atas kita, melindungi dan menjaga kita.

Kunci mendapat perlindungan:
Di antaramu akan Kubiarkan hidup suatu umat yang rendah hati dan lemah, dan mereka akan mencari perlindungan pada nama TUHAN (Zef 3: 12)

Kerendahan hati dan sikap hati hineni membuat kita bertahan tahun depan. Hanya orang yang bisa merendahkan hati yang akan mencari perlindungan pada nama Tuhan.

Perlindungan itu adalah Tuhan sendiri

Zef 3: 12-20
Tahun depan Tuhan akan jadikan kita kenamaan di antara segala bangsa di bumi. Tidak mudah, tapi Tuhan berjanji perlindunganNya bersama kita.

Memikat Hati Tuhan - Hengky Kusworo
tetapi hanya oleh nenek moyangmulah hati TUHAN terpikat sehingga Ia mengasihi mereka, dan keturunan merekalah, yakni kamu, yang dipilihNya dari segala bangsa, seperti sekarang ini (Ul 10:15)

Terpikat terjemahan dari jatuh hati/
fall in love. Hati Tuhan terpikat dan menetapkan hatiNya untuk mencintai dan mengasihi leluhur orang Israel. Yang dibahas hanya 3: Abraham, Ishak, Yakub.

1. Abraham
Abraham adalah bapak segala orang percaya, punya banyak kelemahan, tapi ada yang memikat Tuhan. Yang istimewa dari hidup Abraham adalah walau tidak ada dasar untuk percaya dan berharap, Abraham tetap percaya, dan Allah menganggap itu sebagai kebenaran (Rm 4:3; Gal 3:6; Yak 2: 23).

Apapun janji Tuhan dalam hidup kita, tetap percaya! Karena Dia Allah yang tidak pernah berdusta.

kata- Nya: " Aku bersumpah demi diri- Ku sendiri- demikianlah firman TUHAN- Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepadaKu (Kej 22: 16)

Tuhan bersumpah demi diriNya sendiri karena sikap Abraham yang merelakan anak yang dia nanti-nantikan puluhan tahun dan yang paling dia cintai, saat Tuhan memintanya.

2009 p Hengky ke Halmahera, Ambon. Ada anak kecil usia 9th, yang serahkan uangnya yang terbatas hasil penjualan babi yang diplihara dari kecil. Yang dilihat bukan nilainya, tapi pemberian dari hati yang tulus. Maka KKR terjadi dengan luar biasa karena ada orang yang berikan yang terbaik, yang paling dicintai.

Saat yang terbaik dari hidup kita, kita relakan dan kita letakkan, itulah yang memikat hati Tuhan dan bahkan membuat Tuhan bersumpah.

Yang terbaik tidak selalu uang, untuk Abraham itu artinya anak. Tempat Abraham mempersembahkan anaknya konon adalah tempat Yesus disalib.

2. Ishak
Kej 22: 6-9 – Saat Ishak bertanya "mana korbannya", hati Abraham pasti bergetar. Alkitab tidak mencatat bahwa Ishak berbantah-bantah, marah atau berontak saat diikat di atas mezbah. Ishak seperti domba yang kelu masuk tempat pembantaian. Bapa seperti lihat Yesus, anakNya sendiri yang juga seperti domba yang kelu.

Ishak pernah ditaruh di atas mezbah dan tidak berbantah, memberontak, membalas, ataupun marah !

Saat kita berani melewati hal berat seperti Ishak, dan kita jalani seperti Ishak tanpa keluhan dan pemberontakan, itu akan memikat hati Tuhan.

Suatu kali Abraham Lincoln muda mendampingi seorang pengacara senior. Pengacara meremehkan dan menghina Lincoln. Dia membela
client dengan sangat luar biasa tanpa melibatkan Lincoln sama sekali. Lincoln tidak sakit hati dengan penghinaan itu, malah termotivasi untuk belajar. Saat jadi presiden, pengacara senior ini dijadikan sekretaris perangnya. Saat Lincoln meninggal, pengacara ini mengakui Lincoln sebagai mutiara peradaban.

3. Yakub
Yakub mengingini dan menghargai perkara rohani lebih dari perkara jasmani. Dengan mengingini perkara rohani, artinya Yakub menginginkan Tuhan lebih dari segalanya. Alkitab berkata bahwa Tuhan membenci Esau karena memandang ringan perkara rohani: hak dan berkat kesulungan.

KKR Kupang. Dulu di Kupang pernah terjadi revival yang luar biasa, tapi sekarang sangat kering. Saat revival, banyak mujizat, pertanian luar biasa. Tapi mereka anggap enteng revival karena tidak bisa jual hasil pertanian yang luar biasa itu. Akibatnya revival terhenti.

Mari ingini Tuhan dan janji-janjiNya, walau tidak ada dasar untuk berharap. Masuk 2013 dengan memberi yang terbaik. Saat lewati hal yang sulit, lewati dengan ucapan syukur.

Jaminan di 2013 – Petrus Agung
Ayub 22: 21-26
Acquaint now yourself with Him [ agree with God and show yourself to be conformed to His will ]
and be at peace; by that [ you shall prosper and great ] good shall come to you. (Ayb 22:21, AMP)

Ay 21 – Ada orang-orang yang marah terhadap Tuhan. Kemarahan kita membuat shallom-Nya hilang dari hidup kita. Jika ada damai kita akan memperoleh keuntungan.
Berlaku ramah kepada Tuhan artinya menunjukkan diri kita setuju, sefaham dan sepakat dengan kehendak Tuhan. Dengan semuanya itu kita akan berkelimpahan, dan semua barang yang baik dan besar akan datang kepada kita.

Ay 22 – Terima hukum dan instruksi Tuhan, dan taruh itu di dalam hati kita (Amp).
Ay 23-27 – Hari ini Tuhan jadi beban bagi banyak orang. Tapi jika kita mengingini Tuhan lebih dari yang lain, Tuhan akan beri ayat 26-27

If you return to the Almighty [ and submit and humble yourself before Him ], you will be built up;
if you put away unrighteousness far from your tents, (Ayb 22:23, AMP)

Inilah hineni: saat kita menyerah/
submit dan merendahkan diri/ humble di hadapan Tuhan. Maka Tuhan akan membangun kita.

If you lay gold in the dust, and the gold of Ophir among the stones of the brook [ considering them of little worth ], and make the Almighty your gold and [ the Lord ] your precious silver treasure Then you will have delight in the Almighty, and you will lift up your face to God. (Ayb 22:24-26, AMP)

Jika
uang dan harta kita anggap tidak berguna, dan jadikan Tuhan sebagai emas dan harta karun kita, maka kita akan memiliki kenikmatan di dalam Tuhan, dan menengadahkan wajah kita ke Tuhan. Orang yang bisa menengadahkan wajahnya ke Tuhan akan terima hak istimewa/ privilege.

You will make your prayer to Him, and He will hear you, and you will pay your vows. (Ayb 22:27,AMP)

Kita akan menaikkan doa, dan Tuhan mendengarnya.

Pesan Tuhan untuk 2013:
You shall also decide and decree a thing, and it shall be established for you; and the light [ of God's favor ] shall shine upon your ways. (Ayb 22:28,AMP)

Kita boleh putuskan dan deklarasikan apapun (
believing and speaking), dan itu akan ditegakkan dan dibuat jadi oleh Tuhan untuk kita.

Jika hidup kita berdamai, sepakat dengan Tuhan, kita merendahkan dan menundukkan diri kita kepada Tuhan, maka Tuhan akan membangun kita, kita bisa hadapkan wajah kita kepadaNya, dan kita boleh memutuskan dan memproklamirkan, dan itu akan Tuhan buat jadi bagi kita. Dan sinar dari kemurahan/ favor Tuhan akan menyinari jalan kita.

When they make [you] low, you will say, [There is] a lifting up; and the humble person He lifts up and saves. He will even deliver the one [ for whom you intercede ] who is not innocent; yes, he will be delivered through the cleanness of your hands. (Ayb 22:29-30 ,AMP)

Jika orang merendahkan kita, ada peninggian dari Tuhan. Dan orang yang kita doakan, doanya akan didengar Tuhan karena kita doakan dia.

Bereskan dan kebaskan semua kemarahan dan kekecewaan kita kepada Tuhan, berdamai dengan Tuhan, rendahkan diri di hadapan Tuhan, dan Tuhan akan beri hati yang baru pada kita.

Mulai bulan agustus 2012, link MP3 rekaman hanya diberikan di grup mailing-list pada link di atas.

Korespondensi:
antonius_fw@yahoo.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
antoniusfw1@gmail.com (Google +, Google Talk);
antonius_fw@hotmail.com (MSN Massenger);
pin BB: 29C12B56

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar