Saturday, June 15, 2013

#minyakcadangan

#minyakcadangan

Saya punya kebiasaan saat alami sesuatu: mencoba mencari suatu makna peristiwa, mencari motivasi dan maksudnya, menggali poin-poin yang berguna.

Sejak hadir ke gereja Kristen, kira-kira 2 bulan sebelum lahir baru, saya mulai catat khotbah di gereja. Semula seperti orang-orang lain: ayat + kata-kata yang berkesan (rhema). Dari catatan itu saya bisa terbantu renungkan ulang Firman, coba cerna ulang hal-hal yang sebelumnya kurang saya mengerti.

Suatu hari di tahun 2004 Tuhan gerakkan gembala saya untuk pinjamkan beberapa kaset khotbah. Saya sangat senang karena jiwa dan roh memang membutuhkan.

Kemudian saya lihat suatu hal: kaset itu cuma pinjaman, padahal isinya sangat berharga. Maka saya perlu miliki sendiri, sehingga sewaktu-waktu membutuhkan, saya tidak perlu mencari-cari di tumpukan kaset gereja. Rekaman tersebut saya putar di compo, outputnya saya masukkan ke line in komputer, lalu saya rekam. Di awal saya gunakan program bawaan Nero, hasilnya file WAV, lalu saya edit dan convert ke MP3. Semua awalnya untuk kebutuhan dan koleksi pribadi.

Rekan-rekan di gereja menyarankan saya dengerin rhema FM, dan ternyata pertumbuhan rohani saya jadi pesat setelah dengerin rhema FM. Maka dengan sarana yang sangat terbatas, saya mulai rekam radio rhema.

Waktu itu rhema FM masih bisa mencapai kota Kudus. Saya putar rhema via compo, rekam khotbah ke kaset, lalu dari kaset saya convert ke MP3. Proses yang panjang dan mbulet, tapi saya lakukan demi Firman Tuhan yang sangat berharga.
Saya ingin beli CD MP3 kumpulan khotbah. Tapi saat itu dana kami sangat terbatas.

Di awal 2006 tiba-tiba Rhema tidak mengudara beberapa bulan, saat itu baru saya sadar gunanya rekaman-rekaman yang selama ini saya kumpulkan. Tuhan berkata: itulah minyakcadangan, sesuatu yang anak Tuhan butuhkan di saat kondisi sulit untuk dapat Firman Tuhan.

Beberapa rekan kantor meng-apresiasi apa yang saya kerjakan ini, mereka berikan software-software baru, tools-tools baru, sehingga menyederhanakan proses perekaman. Ada cooledit, adobe audition, mp3cutter, mp3converter, dll.

Saya bergabung dengan JKI Injil Kerajaan Semarang di tahun 2008. Karena tinggal di kota Kudus, sekitar 60km dari gereja, maka sering beberapa teman MK (kelompok sel di JKI Injil Kerajaan disebut Mezbah Keluarga, disingkat MK) tidak bisa hadir di gereja. Maka saya mulai salin catatan khotbah saya dari buku ke MS Word, sehingga bisa di-print dan bagikan ke rekan MK yang membutuhkan. Di beberapa kesempatan, ada rekan-rekan yang meng-copy mp3 khotbah saya.

Tahun 2008 saya juga mulai gunakan facebook. Saya mulai masuk dalam pergaulan dengan anak-anak Tuhan di seluruh Indonesia, bahkan dunia.

Atasan saya di kantor temukan bahwa rekaman khotbah yang size-nya terkecil, tapi masih bisa didengar dengan jelas adalah jika di convert ke mono, dan samplingnya 16 kBPs. Dari sini saya lihat ukuran rekaman khotbah bisa sangat kecil, dan bisa dikirim via email.

Dari sini saya mulai kirim email berisi mp3 khotbah ke rekan-rekan yang membutuhkan. Awalnya insidentil dan by request, lalu jadi rutin. Jumlah yang request terus bertambah, terutama dari teman-teman FB.

Salah satu rekan MK saya digerakkan untuk membuatkan saya sebuah website, sehingga lebih banyak orang yang bisa diberkati. Saya post ringkasan dan link rekaman khotbah di web tersebut. Jadi, sebenarnya ide website minyakcadangan bukan ide saya, saya hanya eksekutornya.

Web ini dalam sekejap meledak dan jumlah peng-akses-nya melebihi quota, sehingga web tidak bisa diakses sampai awal bulan berikutnya. Kondisi ini memaksa saya untuk belajar membuat blog, kemudian mengisinya dengan konten yang sama dengan web. Ini awal lahirnya
Http://www.minyakcadangan.blogspot.com

Dari pengalaman sebelumnya, akhirnya saya susun sebuah blog lain yang sangat simple sebagai backup, di Http://minyakcadangan.wordpress.com/

Kemudian saya kenal cara menyimpan file di jaringan internet, jadi untuk membagikan tinggal memuat link-nya di blog/ web saya. Tujuannya agar mereka yang kurang dana untuk membeli kaset/ CD/ VCD/ DVD asli, tetap mendapat makanan rohani, terutama mereka yang tinggal jauh dari kota Semarang. Saya berharap apa yang saya bagikan secara gratis, digunakan untuk memberkati orang lain lagi, juga secara gratis.

Masalah mulai timbul karena peng-akses blog/ web sangat banyak, dan saya tidak bisa tahu siapa-siapa saja yang mengakses link tersebut. Bahkan ada yang melaporkan ke saya bahwa link yang saya bagikan gratis, ternyata dijual-belikan. Maka pemuatan link di blog/ web saya hentikan.

Di awal 2012 seorang rekan dari salah satu kota Bahtera meminta tolong saya untuk membuat sebuah mail-list untuk suatu keperluan. Sambil mengerjakan dan mempelajarinya, saya buat mail-list minyakcadangan. Di mail-list ini saya bisa membagikan lagi link rekaman khotbah dengan lebih terkontrol siapa saja penerimanya.

Seiring waktu, saya dapati ternyata banyak anak Tuhan yang belum memiliki mental raja. Walau mereka punya cukup uang, mereka memilih untuk dapat yang gratisan. Padahal jika kita beli aslinya, kita akan memberkati pelayanan JKI Injil Kerajaan dan rhema FM secara langsung. Maka mulai bulan juni 2013 yang saya bagikan hanya dalam kualitas low.

Untuk sementara, sejak 13 Juni 2013 saya sementara step down dari berbagai pelayanan dunia maya, sampai Tuhan perintahkan lagi.

Jbu all

No comments:

Post a Comment