Saturday, September 21, 2013

Atmosfir Mujizat – Petrus Agung – Minggu, 15 September 2013

Minggu, 15 September 2013
Atmosfir Mujizat
Petrus Agung

Kuasa kesembuhan Tuhan dan respon kita
Luk 5: 17-25
Cerita ini seperti terbagi dalam 2 bagian. Bagian pertama di ayat 17. Kuasa kesembuhan yang sangat kuat saat itu ada pada Yesus, tapi orang-orang tidak mulai mengalami kesembuhan.

And the Lord's healing power was strongly with Jesus. (Luk 5: 17, NLT)

Bagian Tuhan menyediakan kuasa untuk menyatakan mujizat kesembuhan. Saat Tuhan sediakan bagianNya, tidak otomatis orang-orang mengalami kesembuhan, karena diperlukan respon kita.

Bagian kedua adalah ketika seorang yang sakit digotong teman-temannya. Karena tidak bisa masuk, mereka membuka atap dan menurunkan si sakit tepat di depan Yesus.

Manifestasi kuasa Roh Kudus
Saat Roh Kudus memanifestasikan diriNya, kita akan bisa merasakan secara fisik. Tujuannya bukan sekedar memberi sensasi rasa tertentu, tapi Tuhan ingin kuasai hidup kita. Saat kita menyerah kepada Tuhan, maka Roh Tuhan akan bekerja dalam hidup kita.

Supreme Power
Di dasar hatinya manusia sadar bahwa ada “sesuatu” yang lain yang jauh lebih besar dari dirinya. Maka saat melihat sesuatu yang lebih besar, manusia cenderung akan menyembah: gunung, pohon besar, patung, dll. Sayangnya sangat banyak yang keliru, mereka bungkukkan badan dan taruh hati kepada sesuatu yang salah dan tidak hidup.

Agama adalah upaya manusia untuk menjangkau kekuatan yang lebih besar (
supreme power). Tapi tanpa Tuhan menyatakan diriNya, manusia akan selalu salah arah, tersesat dan hilang.

Suatu hari Tuhan memperkenalkan diriNya dan turun ke dunia sebagai Yesus. Dia tinggalkan semua kemuliaanNya di Surga, lalu mati dan bangkit bagi kita. Sejak itu kita setiap saat bisa datang ke Tuhan dan memanggil Dia: tuan/
master, juru selamat/ saviour, dan hidup kita dibaharui Tuhan hari demi hari.

Individual dan corporate faith
Yesus sedang dikerumuni imam-imam dan ahli-ahli Taurat, saat itu kuasa kesembuhan ada pada Yesus. Tapi kuasa kesembuhan itu baru bekerja saat ada 4 orang nekat dan beriman membongkar atap dan menurunkan temannya yang sakit ke hadapan Yesus.

Ternyata Yesus bukan hanya melihat iman orang yang sakit, tapi juga iman rekan-rekannya. Maka saat ada anggota keluarga atau rekan kita yang mengalami masalah, kita bisa hadapkan itu kepada Tuhan bersama-sama, karena ada iman pribadi (individual faith) dan ada iman bersama-sama (corporate faith).

Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga (Mat 18: 19)

Uluran tangan Tuhan
Kis 4: 27-31 – Salah satu doa para rasul adalah agar Tuhan mengulurkan tanganNya. Satu uluran tangan Tuhan cukup buat kita, karena itu akan membawa perubahan radikal dalam hidup kita.

Ulurkanlah tangan-Mu untuk menyembuhkan orang, dan adakanlah tanda-tanda dan mujizat-mujizat oleh nama Yesus, Hamba-Mu yang kudus (Kis 4: 30)

Tanda-tanda

Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." (Mrk 16: 17-18)

Tanda-tanda mujizat menyertai orang percaya, tujuannya mengarahkan orang-orang kepada Yesus. Karena Yesus hidup, dan merupakan jalan, keselamatan, dan kehidupan kita.

Ilustrasi: di tepi jalan terpasang sebuah lampu yang berkedip. Setelah didekati, ternyata di bawahnya ada keterangan tentang sebuah warung makan. Lampu itu bukan tujuannya, tapi hanya sekedar alat untuk menarik perhatian pengendara yang lewat.


Maillist:

Portal Bahtera:

Korespondensi:
antonius_fw@yahoo.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 24D0C381
WhatsApp, Line, WeChat – 085 727 868 064

No comments:

Post a Comment